Internet Gateway

 30 November 2023

Pengertian internet gateway 

Menurut Abdurraman Dzakly adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.

Menurut Aldwin Nayoan (2022) Internet gateway adalah perangkat yang mengontrol akses internet di sebuah jaringan. Nah, menjadi internet gateway itulah salah satu fungsi MikroTik. Penggunaan internet gateway umum di jaringan komputer kantor dan sekolah. Di kantor, internet gateway bertujuan untuk membatasi website apa saja yang bisa diakses. Misalnya, tools dan layanan yang mendukung pekerjaan.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan internet gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan komputer yang lebih menggunakan protokol. Internet gateway bertujuan untuk membatasi website apa saja yang bisa diakses. Misalnya, tools dan layanan yang mendukung pekerjaan.

Fungsi gateway

Menurut Abdurraman Dzakly digunakan untuk menghubungkan 2 (dua) jenis jaringan komputer yang arsitekturnya berbeda atau didak sama. Fungsi utama dari gateway yaitu melakukan protocol converting, supaya dua arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat saling berkomunikasi.


Menurut Aldwin Nayoan (2022) internet gateway bertujuan untuk membatasi website apa saja yang bisa diakses. Misalnya, tools dan layanan yang mendukung pekerjaan. Sementara itu, sekolah menggunakan internet gateway agar siswa bisa mengakses internet pada waktu yang ditentukan saja.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan fungsi internet gateway adalah untuk menghubungkan 2 jenis jaringan komputer yang tidak sama atau beda arsitektur. Fungsi utama dari internet gateway yaitu melakukan protokol coverthing yang berfungsi untuk dua arsitektur jaringan komputer dapat saling berkomunikasi.

Topologi internet gateway





Alat dan Bahan

1. Mikrotik Router RB941-2nD-TC

2. PC/Laptop

Konfigurasi dan Pengujian Internet Gateway :

1. Pertama hubungkan Mikrotik dengan Winbox Kalau belum punya winbox download terlebih dahulu.




2. Pertama tama kita setting dhcp client terlebih dahulu untuk internet seperti contoh gambar dibawah ini.




3. Lalu kita setting ip address caranya ip > address > klik tanda '+' lalu kalian masukan ip yang kalian mau.






4. Lalu kita setting dhcp setup yaitu dengan cara ip > dhcp server > dhcp setup > pilih ether 2 karena yang menyambung ke pc/laptop kalian lalu enter sampai selesai.




5. Setelah itu lanjut kita Setting DNS klik IP > DNS > centang allow remote request Inti dari Allow Remote Request adalah Semua IP yang ada di Router yang disetting / di check Allow Remote Request ini bisa digunakan sebagai DNS.



6. Selanjutnya membuat NAT IP > Firewall > klik menu NAT > tambahkan NAT + > isi out interface dengan ether1 karena sumber internet saya berada pada interface ether1 > klik menu Action pilih masquerade.





7. Lalu lanjut kita dapat menchek hasil konfig di new terminal dengan cara kalian ping semua ip yang kalian cantumkan seperti ip internet gateway, ip router kalian, dan ip google kalian.






DAFTAR PUSTAKA 

Dzakly, Abdurraman. ___. Pengertian Internet Gateway dan Fungsi Internet Gatewayhttps://www.scribd.com/document/455043388/Mikrotik-Sebagai-Internet-Gateway diakses pada 6/12/2023 jam 08:20

Nayoan, Aldwin. 2022. Pengertian Internet Gateway dan fungsi Internet Gateway. https://www.niagahoster.co.id/blog/mikrotik-adalah/ diakses pada 6/12/2023 jam 09:20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP