Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

 3 oktober 2023

Pengertian Tunneling

Menurut Adinda (2023) tunneling adalah cara di mana data ditransfer antara dua jaringan dengan aman. Semua data yang ditransfer difragmentasi menjadi paket atau bingkai yang lebih kecil dan kemudian melewati terowongan. Proses ini berbeda dari transfer data normal antar node.

Menurut Kihara Kimacha (2023) penerowongan jaringan bekerja dengan membungkus data dalam paket-paket yang dienkapsulasi sehingga terlihat seperti lalu lintas normal di jaringan publik. Setelah tiba di tujuan, paket-paket tersebut didekapsulasi dan didekripsi.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan tunneling adalah sebuah cara transfer data antar dua jaringan dengan aman. setelah terkirim suatu data akan didekapsulasi dan didekripsi. Fungsi dari tunneling adalah sebagai peneransfer data.

Langkah-langkah setting tunneling :

1.Buka apk cisco paket tracert terlebih dahulu.

2.Lalu siapkan topologi seperti pada gambar berikut.




3.Setelah itu siapkan pc0 gam pc1 dengan ip seperti contoh dibawah ini :
pc0=10.10.10.2 dengan default gateway= 172.168.1.1
pc0=20.20.20.3 dengan default gateway= 172.168.1.1


4.Setelah setting ip address kita lanjutkan dengan konfigurasi router0, router1 dan router2 setting seperti contoh gambar dibawah ini :



5.Setelah setting router0 kita lanjutkan setting router1 seperti contoh gambar dibawah ini :



6.Setelah setting router1 kita dapat melanjutkan dengan setting router2 seperti contoh dibawah ini :



7.Setelah konfigurasi ketiga router kita dapat mengecek nya dengan cara ping, tracert dan pdu.

ping, tracert dan pdu :



Pengertian PPTP vpn

Menurut Dimas Catur (2022) L2TP atau Layer 2 Tunneling Protocol adalah protokol tunneling yang sering dikombinasikan dengan protokol keamanan lain seperti IPSec untuk membuat koneksi VPN yang sangat aman. 

Menurut Guy Fawkes dikembangkan oleh sebuah konsorsium yang didanai oleh Microsoft Corporation, Point-to-Point Tunneling (Kanalisasi Titik-ke Titik) membentuk Jaringan Privat Virtual (VPN) pada jaringan dial-up (saluran telepon), dan sudah menjadi protokol baku untuk VPN sejak pengenalannya kepada publik. 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan pptp vpn adalah suatu protokol tunneling di kombinasi dengan protokol keamanan lain seperti ipsec. Dan sudah menjadi protokol baku untuk vpn sejak pengenalan pada publik.

Pengertian L2TP vpn

Menurut Dimas Catur (2022) PPTP atau Point-to-Point Tunneling Protocol menghasilkan tunnel dan membatasi paket data. Point-to-Point Protocol (PPP) digunakan untuk mengenkripsi data antar koneksi. PPTP adalah salah satu protokol yang paling banyak digunakan dan telah eksis sejak awal rilis Windows.

Menurut Guy Fawkes Protokol kanal Lapis 2 (Layer 2 Tunnel Protocol), tidak seperti protokol VPN lain, tidak menyediakan privasi atau enkripsi apa pun pada lalu lintas data yang melewatinya. Oleh sebab inilah, protokol jenis ini diterapkan secara khusus bersama satu set protokol yang dikenal sebagai IPsec guna enkripsi data sebelum ditransmisikan, memberi privasi dan keamanan bagi para pengguna. 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan l2tp adalah suatu protokol yang paling banyak digunakan dan sudah eksis semenjak awal rilis windows. Dan l2tp di khususkan bersama satu protokol ipsec guna enkripsi data sebelum ditransmisikan.

langkah setting vpn pptp dan l2tp :

1.Buka aplikasi cisco packet tracer terlebih dahulu.

2.Buat topologi dengan server dan router 1841 seperti contoh dibawah ini.





3.Lalu kita setting server terlebih dahulu seperti contoh dibawah ini.











4.Lalu kita lanjutkan dengan konfigurasi router0 dan router1 seperti contoh dibawah ini.





5.kalau router0 sudah ke konfigurasi kita dapat mengecek konfig seperti contoh dibawah ini.





6.Kalau router0 sudah terkonfigurasi kita dapat melanjutkan konfigurasi router1 seperti contoh dibawah ini.




7.Kalau sudah terkonfigurasi kita dapat mengecek dengan cara seperti contoh dibawah ini.




8.Lalu kita dapat memasukan ip address pada pc0 dan pc1 seperti contoh dibawah ini.




9.kalau sudah terkonfigurasi semua kita dapat mengecek dengan cara ping, tracert, pdu dan coba konfigurasi vpn.


ping, tracert, pdu dan coba konfigurasi vpn








DAFTAR PUSTAKA

Adinda. 2023. Pengertian Tunneling. https://hisham.id/teknologi/pengertian-tunneling.html diakses pada 2/9/2023 jam 9:30

Kimacha, Kihara. 2023. Pengertian Tunneling. https://www.enterprisenetworkingplanet.com/standards-protocols/what-is-tunneling/ diakses pada 2/9/2023 jam 11:55

Catur, Dimas. 2022. Pengertian PPTP dan L2TP. https://www.dicoding.com/blog/jenis-vpn-dan-protokolnya/ diakses pada 2/9/2023 jam 14:30

Fawkes, Guy. ___. Pengertan PPTP dan L2TP. https://id.vpnmentor.com/blog/perbandingan-protokol-vpn-pptp-vs-l2tp-vs-openvpn-vs-sstp-vs-ikev2/ diakses pada 2/9/2023 jam 15:20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP