Remote Access (Winbox, Webfig, Telnet dan SSH)

20 November 2023


Contoh Gambar : Mikrotik
https://shorturl.at/efmJL



Untuk melakukan remote access pada mikrotik bisa melalui 4 cara yaitu

-Winbox
-Telnet 
-Webfig
-SSH


1. Winbox


Menurut Amera P Safira, winbox mikrotik adalah perangkat lunak berbasis GUI yang digunakan untuk mengakses dan mengatur konfigurasi Mikrotik routerOS, berkat desainnya yang portable dan lisensinya yang gratis winbox mikrotik ini menjadi sangat populer dikalangan pengguna mikrotik.

Menurut Mas Sun Winbox, dengan menggunakan winbox, maka anda bisa melakukan settingan router board mikrotik dari jarak jauh kapanpun dan dimanapun.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan Winbox adalah perangkat lunak berbasis GUI yang digunakan untuk mengases dan konfigurasi mikrotik routeros.

2. Telnet


Menurut Jordy Prayoga, telnet adalah sebuah protokol jaringan yang memungkinkan pengguna dapat berkomunikasi dengan perangkat melalui jaringan, pada dasarnya telnet adalah sebuah program yang memudahkan penggunannya untuk mengakses layanan maupun data penting pada perangkat dari jarak jauh.

Menurut Mas Sun Webfig, webfig merupakan layanan setting RouterOS berbasis web yang dapat digunakan untuk melakukan setting mikrotik dengan sangat mudah dari jarak jauh.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan telnet adalah sebuah protokol jaringan yang dapat berkomunikasi dengan perangkat melalui jaringan. Dan telnet adalah sebuah program yang memudahkan penggunanya untuk mengakses layanan maupun data penting pada perangkat yang jauh.

3. Webfig


Menurut Syaiful Imran, webfig merupakan salah satu metode untuk mengakses routerOS pada mikrotik dengan menggunakan browser, untuk mengaksesnya bisa melalui PC ataupun smartphone yang sudah terinstall browser, cukup terkoneksi ke jaringan wifi buka browser dan ketikkan UP router Mikrotik yang hendak diakses pada URL address.


Menurut Mas Sun SSH dan Telnet, untuk dapat melakukan setting jarak jauh mikrotik anda bisa menggunakan Putty yang merupakan aplikasi remote access yang sangat aman dan sudah sangat familiar dengan memanfaatkan protocol jaringan seperti SSH dan Telnet.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan webfig merupakan salah satu metode untuk mengakses routeros pada mikrotik dengan mengunakan browser untuk mengakses bisa melalui pc yang sudah terinstall browser.


4. SSH


Menurut Jordy Prayoga, SSH adalah protkol yang berguna mengamankan administrator login perangkat dengan perlindungan yang lebih aman meski dalam jaringan yang tidak aman, selain itu SSH juga mampu mengamankan dari jarak jauh sekalipun, SSH juga menyediakan autentikasi password dan public key yang sangat kuat serta komunikasi yang terenkripsi antara dua komputer melalui jaringan intenet.

Menurut Mas Sun SSH dan Telnet, untuk dapat melakukan setting jarak jauh mikrotik anda bisa menggunakan Putty yang merupakan aplikasi remote access yang sangat aman dan sudah sangat familiar dengan memanfaatkan protocol jaringan seperti SSH dan Telnet.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan SSH adalah protokol yang berguna mengamankan administrator login perangkat dengan perlindungan yang aman meski dalam jaringan yang tidak aman 

Cara setting Remote Access mikrotik menggunakan Winbox :

1. Pertama tama buka aplikasi Winbox terbelebih dahulu kalau tidak punya aplikasi winbox download terlebih dahulu.

2. Lalu masuk ke aplikasi winbox dan sambungkan router ke pc.




3. Kalau sudah tersambung kita dapat menyeting winbox Remote Access.





4. Lalu kita setting pada ip dhcp client terlebih dahulu dan kita lihat kabel yang menyambung pada laptop terhubung pada interface berapa lalu kita setting dhcp terlebih dahulu seperti pada contoh dibawah ini.





5. Lalu kita lanjutkan untuk setting ip address klik ip lalu pilih yang address dan disini saya mengunakan ip 192.168.10.1/24 untuk digunakan menjadi dan untuk interfacenya kita dapat lihat interface berapa yang terhubung pada pc.





6. Lalu kita lanjutkan untuk melakukan dhcp setup lalu kita klik tanda "+" kalau sudah maka kta pilih untuk interfacenya menjadi interface 2 / interface yang sudah dditambah ip address sebelumnya seperti pada contoh dibawah ini.





7.  Lalu kita lanjutkan untuk menyeting DNS masuk pada bagian ip lalu klik DNS lalu pada bagian "Servers" masukkan DNS google atau DNS  yang lainya dan centang pada bagian "Allow Remote Request" dan jika sudah maka klik "OK"





8. Lalu kita lanjutkan untuk menyeting NAT klik ip lalu pilih setting firewall lalu klik pilihan NAT Rule lalu kita setting "out interface" menjadi "ether 1" tapi jangan di klik OK terlebih dahulu.




10. pada bagian atas disamping "general" ada kolom yang bertuliskan "action" klik pada bagian "action" dan ganti menjadi "masquerade" dan jika sudah maka klik ok dan PC sudah bisa tersambung ke internet jika masih belum maka ada kesalahan dalam konfigurasi atau sumber internet kalian.




11. Untuk melakukan webfig dapat kita lanjutkan untuk melihat ip yang kita setting di winbox dengan cara kita masuk browser terlebih dahulu lalu kita lanjutkan untuk mengetik ip yang kita tulis di winbox tadi lalu kita klik enter dan akan muncul tampilan seperti winbox lalu hubungkan dengan mikrotik yang ingin di konfigurasi




12. Cara mengecek dengan cara menggunakan telnet pertama siapkan aplikasi putty kalau tidak punya download terlebih dahulu.





13. masuk pada aplikasi putty dan masukkan ip address dan untuk port default dari putty adalah 23.




14. lalu klik open dan masukkan username dan password secara default username adalah admin dan kosongkan password




15. Remote access mikrotik dengan SSH masih menggunakan aplikasi putty masukkan IP address dan port default SSH adalah 22




16. masukkan username yaitu admin dan kalian sudah bisa melakukan remote access menggunakan SSH





DAFTAR PUSTAKA

Sun, Mas. ___. Pengertian Winbox, Telnet, Webfig, SSH. https://itwae.blogspot.com/2019/09/cara-remote-mikrotik-jarak-jauh-winbox.html diakses pada 20/11/2023 jam 09:00

Safira, Amera P. 2021. Winbox Mikrotik: Fitur-fitur, Cara Menggunakan & Link Download. https://www.goldenfast.net/blog/cara-menggunakan-winbox-mikrotik/ diakses pada 20/11/2023 jam 09:10

Prayoga, Jordy. 2022. Telnet: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya. https://gudangssl.id/blog/telnet-adalah/ diakses pada 20/11/2023 jam 09:30

Imran, Syaiful. 2018. 3 Cara Remote dan Setting Router Mikrotik Melalui Smarphone. https://ipankint.com/tag/webfig/#:~:text=WebFig%20merupakan%20salah%20satu%20metode,Mozilla%20Firefox%20ataupun%20Google%20Chrome diakses pada 20/11/2023 jam 09:40

Cindy, Ananda. 2021. Ketahui Tentang SSH: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja. https://www.exabytes.co.id/blog/pengertian-ssh/ diakses pada  20/11/2023 jam 09:50

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP