Access Control List (ACL)

 4 oktober 2023

Pengertian access control list 

Access Control List (ACL) adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengontrol akses ke  atau informasi. Teknik ini memungkinkan administrator jaringan untuk menentukan dan mengontrol siapa saja yang dapat mengakses jaringan atau informasi yang tersimpan di dalamnya.

ACL (Access Control List) merupakan metode selektivitas terhadap packet data yang akan dikirimkan pada alamat yang dituju. Secara sederhana ACL dapat kita ilustrasikan seperti halnya sebuah standard keamanan. 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan access control list adalah sebuah teknik untuk mengakses suatu jaringan atau informasi. Dan access control ini bisa berupa file, direktori, layanan jaringan dan objek lainya dalam lingkungan IT. 

Cara Kerja ACL

ACL (Access Control List) adalah mekanisme keamanan yang digunakan oleh firewall dan router untuk mengatur akses ke jaringan. Ini berfungsi untuk mengizinkan atau menolak lalu lintas jaringan yang berdasarkan aturan yang ditentukan.

Keputusan dibuat berdasarkan pernyataan/statement cocok dalam daftar akses dan kemudian menerima atau menolak sesuai apa yang didefinisikan di daftar pernyataan. Perintah dalam pernyataan ACL adalah sangat penting, kalau ditemukan pernyataan yang cocok dengan daftar akses, maka router akan melakukan perintah menerima atau menolak akses.

Dari kedua pendapat tesebut dapat disimpulkan cara kerja acl adalah mekanisme keamanan untuk firewall dan router untuk akses ke jaringan. Dan berfungsi sebagai izin atau penolakan lalu lintas jaringan berdasarkan aturan yang ditentukan.

Cara setting Access Control List (ACL) :

1.Buka aplikasi cisco terlebih dahulu.

2.Buat topologi seperti contoh dibawah ini.





3.Lalu kita isi ip address pada pc0 dan pc1 dengan server seperti contoh dibawah ini
server0 : 192.168.10.2 dengan gateway : 192.168.10.1
pc0 : 192.168.5.2 dengan gateway : 192.168.5.1
pc1 : 192.168.5.3 dengan gateway : 192.168.5.1








4.Setelah itu kita lanjut untuk konfigurasi pada router0 dan router1 seperti contoh dibawah ini.





5.Setelah konfigurasi pada router0 dan router1 kita dapat mengecek dengan cara ping, tracert, dan pdu seperti contoh dibawah ini.

ping, tracert, dan pdu









6.Lalu kita coba untuk mematikan akses antar server ke pc1 seperti conoh dibawah ini.








DAFTAR PUSTAKA

A, Bayu. 2023. Pengertian dan Cara Kerja ACL. https://www.menggunakan.id/access-control-list/ diakses pada 4/10/2023 jam 14:00

Tjandra, Johanes. 2013. Pengertian dan Cara Kerja ACL. https://id.quora.com/Apa-yang-dimaksud-dengan-Access-Control-List-Apa-fungsinya-dalam-jaringan diakses pada 4/10/2023 jam 14:55

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP