Cisco WEB Server, Mail Server, DNS Server, DHCP Server, VoIP Server

23 Agustus 2023

Pengertian Web Server 

Menurut Bagus Sudirman (2023) Web server adalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk melayani permintaan dari client atau user melalui protokol HTTP atau HTTPS dalam bentuk halaman web. Dalam pengertian yang lebih umum lagi, web server adalah sebuah mesin atau komputer dimana berfungsi sebagai pusat penyimpanan data dan aplikasi yang berhubungan dengan website atau situs web.

Menurut M Pranowo (2023) web server adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk menjalankan situs web atau aplikasi dari browserTanpa disadari, Anda pun selalu menggunakannya setiap kali membuka internet.

Dari kdua pendapat tersebut dapat disimpulkan Web Server adalah suatu program komputer yang berfungsi sebagai pelayan yang melayani permintaan dari client. Web Server sebuah perangkat yang dirancang khusus untuk situs Web atau aplikasi browser.

Cara untuk Setting Web Server:

1.Login ke aplikasi Cisco packet treaser terlebih dahulu. Kalau tidak punya bisa download dulu.

2.Setelah login aplikasi cisco packet tracer kita siapkan Server, Swicth dan 3 PC.



3. Pilih kabel yang akan digunakan saya sarankan pilih yang hitam lalu sambungkan kabel server ke swicth PC 1,2,3 ke Swicth juga.




4.Lalu ketik IP pada server dan PC 1,2,3 dengan IP yang berurutan seperti dibawah ini.

server:192.168.5.1

pc0:192.168.5.2

pc1:192.168.5.3

pc2:192.168.5.4

pc3:192.168.5.5




5.Kalau sudah kita klik server, lalu klik ip configuration dengan IP 192.168.5.1.



6.Setelah selesai mengisi IP PC 1,2,3 setelah itu kita isi DNS dengan 192.168.5.1 seperti gambar dibawah.




7.Kalau sudah mengisi semua ip pada ke 3 pc tersebut, kita beralih server lalu pilih services lalu pilih http, setelah itu kita delete index.




8.Setelah delete kita isi teks seperti dibawah, lalu beri nama index.html setelah itu kita isi dengan

<html>

<head>

<title> Nama Kalian </title>

</head>

<body>

<h1> Nama Kalian </html>

</body>

</html>

setelah itu save.




9.Setelah itu kita pilih desktop, lalu klik menu web browser untuk melihat hasilnya.


10.Lalu kita isi url dengan 192.168.5.1


11.Setelah itu pilih go, kalau berhasil akan muncul nama kamu seperti dibawah ini.



Pengertian Mail Server

Menurut Aorinka Anendya (2022) ketika mendapatkan sebuah email, Peran di balik ini adalah bantuan dari mail serverKebanyakan orang hanya tahu menerima dan mengirim email saja, tanpa mengetahui bagaimana proses email tersebut terkirim. Mail server adalah program yang membantu pendistribusian email.

Menurut Yovi Amanda (2022) cukup satu klik, Anda bisa mengirim email ke orang lain yang sedang berada di tempat yang jauh. Namun, bagaimana sebenarnya sebuah email sampai ke penerima? Jawabannya berkat peran mail server.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan Mail server adalah yang dapat mengirim atau menerima pesan dan bukan itu saja masih banyak kegunaannya yaitu, sebuah server program yang membantu pendistribusi email.

Cara untuk setting mail server

1.Buka cisco packet tracer

2.Klik dan Masukan Server,Switch,dan 2 PC






3.Lalu hubungkan server,swicth dan 2 ps menggunakan kabel saya sarankan kabel hitam.





4.Lalu buka server,klik dekstop,dan klik IP configuration ketik pada IP dan default Gateway dengan 192.168.5.1





5.Lalu buka menu services,dan aktifkan DNS,isi nama anda dan address menggunakan IP server yaitu 192.168.5.1,dan tambahkan/add.




6.Lalu buka menu email pada services lalu isi Domain Name sesuai dengan DNS tadi,isi user 1 dan 2 dan password lalu tambahkan/add.







7.Setelah itu kembali kedua pc untuk mengisi IP,klik desktop,masuk pada IP Configuration masukan IP,gateway,dan DNS.







8.Kembali ke desktop,isi kedua pc tersebut dengan klik email,isi email tersebut seperti dibawah.

Your Name= user1
EmailAddress= user1@nama.com
Incoming Mail Server= nama.com
Outgoing Mail Server= nama.com
User Name= user1
Password= 12
lalu save.








9.Setelah save kedua pc,klik compose dan isi seperti dibawah 
jika email yang digunakan adalah pc1 maka To= diisi dengan user1 dan sebaliknya

To= user1@nama.com
Subject= pesan dari user 1 dan 2
Isi pesan dengan "halo bang"
lalu klik send.







10.Setelah send cek pada pc yang dituju dan klik recive dan klik pesan tersebut.



11.Jika ingin membalas pesan tersebut klik replay,masukan pesan dan klik send.Buka pesan pada pc yang lain dan recive.


Pengertian DNS Server

Menurut Adya (2023) DNS server adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengkonversi nama domain menjadi alamat IP. Server DNS ini bekerja sebagai jembatan antara nama domain dan alamat IP yang digunakan oleh komputer untuk menemukan lokasi situs web yang dituju. 

Menurut Fredic Lesomer (2023) DNS server adalah server yang digunakan sebagai penerjemah IP Address menjadi nama host agar lebih efisien dan mudah diingat. Selain itu juga, DNS digunakan untuk mengidentifikasi komputer, layanan, dan sumber daya lain yang dapat dijangkau melalui Internet atau jaringan Internet Protocol (IP) lainnya. 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan DNS adalah sebuah server yang berfungsi untuk mengonfersi nama domain menjadi alamat IP. Dan DNS digunakan untuk mengidentifikasi komputer, layanan, dan subnet

Cara untuk Setting DNS Server:

1.Buka aplikasi cisco packet tracer terlebih dahulu.

2.Setelah buka aplikasi packet tracer kita pilih server  switch dan pc yang akan digunakan.



3.Pilih kabel yang akan digunakan, disini saya akan memakai kabel berwarna hitam, setelah itu pilih kabel hitam lagi lalu sambungkan dari pc ke switch sampai sama seperti gambar dibawah ini.





4.Setelah itu kita klik server lalu pilih config, lalu kita isi DNS nya dengan 192.168.20.1




5.Geser ke desktop kemudian isi IP adress 192.168.20.1 nanti di kolom DNS akan muncul IP dengan sendirinya.





6.Kalau sudah kita geser ke services, klik DNS lalu on kan DNS, setelah itu isi nama taffiaputri.com lalu kita isi juga Address dengan 192.168.20.1



7.Kalau sudah kita klik Add, nanti akan muncul tampilan seperti ini.


8.Lalu kita beralih ke pc, klik desktop, pilih ip configuration




9.Lalu isi ip dengan lalu isi dengan ip yang akan digunakan, disini saya akan menggunakan ip

pc0:192.168.20.2

pc1:192.168.20.3

pc2:192.168.20.4

jangan lupa isi dns juga dengan 192.168.20.1




10.Kalau sudah kita cek dengan cara klik pc lalu desktop, pilih command prompt. Jika replay from sama seperti di bawah ini berati pc terhubung.




11.Kita juga dapat mengecek dengan web, klik pc, pilih desktop, pilih menu web browser, ketik taffiaputri.com atau 192.168.20.1 kalau berhasil akan muncul tampilan seperti dibawah ini.






Pengertian DHCP Server

Menurut Kenya Swawikanti (2022) DHCP adalah protokol untuk mengelola pemberian konfigurasi jaringan secara otomatis, agar perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan dapat saling berkomunikasi.

Menurut Annisa Medina Sari (2023) DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol Server ) adalah sebuah perangkat lunak atau layanan di jaringan komputer yang memberikan pengaturan konfigurasi jaringan otomatis kepada perangkat klien yang terhubung ke jaringan tersebut. Umumnya DHCP digunakan untuk mengalokasikan alamat IP (IP address) di dalam sebuah jaringan. Jika tidak menggunakan DHCP, alamat IP harus diberikan secara manual ke setiap komputer dalam jaringan lokal.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan DHCP adalah sebuah sistem pemberi konfigurasi jaringan secara otomatis, agar perangkat-perangkat dapat saling berkomunikasi atau harus diberikan secara manual ke setiap komputer.

Cara untuk Setting DHCP:

1.Buka aplikasi cisco packet tracer.

2.Setelah buka aplikasi cisco packet tracer silahkan siapkan server, switch dan 3 pc.




3.Pilih kabel yang akan digunakan dan saya disini akan mengunakan kabel warna hitam, klik server lalu pilih FastEthernet0 lalu sambungkan ke switch




4.Setelah itu pilih kabel hitam lagi, klik pada pc lalu sambungkan ke switch, lakukan sampai seperti gambar dibawah ini.



5.Lalu klik server, pilih config lalu isi IP, disini saya menggunakan IP 192.168.5.1



6.Setelah mengisi IP lalu klik services yang berada pada sebelah menu config setelah itu pilih DHCP lalu on kan DHCP lalu kita isi start IP address dengan 192.168.5.2, setelah itu kita isi  3 pada maximum number of users karena kita hanya menggunakan 3 pc (disesuaikan dengan jumlah pc yang digunakan), lalu kita save.




7.Setelah itu kita klik pc pilih desketop, lalu pilih menu IP configuration.




8.Lalu kita ubah ke DHCP sampai tampilan seperti gambar dibawah ini, lakukan dari pc0 sampai ke pc terakhir.




9.Setelah selesai kita dapat mengetes dengan cara klik tanda pesan yang ada pada bagian atas yang diletakan pada server, PC 0 sampai yang terakhir.






10.Letakan pesan hingga muncul tulisan Successful pada bagian kanan bawah seperti gambar dibawah ini.



Pengertian VoIP Server

Menurut Faisal Nurmansyah (2023) Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon melalui media internet. Di mana suara yang diterima akan diubah menjadi kode digital yang selanjutnya diteruskan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, sehingga bukan lagi melalui sirkuit analog seperti telepon biasa.

Menurut Sulaiman VoIP merupakan akronim dari Voice over Internet Protocol, disebut juga IP Telephony, Internet Telephony, atau Digital Phone. Merupakan teknologi yang memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan percakapan suara jarak jauh. Melalui media internet data suara dikonversi menjadi kode digital untuk kemudian diteruskan sebagai paket-paket data di dalam jaringan, tidak melalui sirkuit analog telepon seperti biasanya.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan VoIP adalah Voice over Internet Protocol sebuah teknologi dibuat untuk melakukan panggilan telpon melalui Internet. Dimana data suara akan di konverensikan menjadi kode digital untuk diteruskan menjadi paket data jaringan.

Cara untuk setting VoIP Server :

1.Buka aplikasi Cisco packet tracer. 

2.Lalu siapkan Router 1811, Swicth 2950 dan 2 ip phone 



3.pasang kabel router pada router 2811, swicth 2950 dan 2 ip phone lalu hidupkan phone ke 1 dan ke 2




4. Lalu masuk ke swicth masuk ke CLI dan lalu ketik sebagai brikut :

enable
conf t
int range fa0/1-24
switchport voice vlan 1
exit



5.Lalu masuk ke router masuk CLI dan lalu ketik sebagai berikut :

no
enable
conf t
ip dhcp pool voice 
network 192.168.1.1 255.255.255.0
default-router 192.168.1.1
option 150 ip 192.168.1.1
exit





6.Setelah exit dapat dilanjutkan pengucalian untuk ip router yang baru di konviguration agar tidak dibagikan atau di distribusikan oleh DHCP ke ip ip host lainya sebagai berikut :

ip dhcp excluded-address 192.168.1.1
int fasterhernet 0/0
ip address 192.168.1.1 255.255.255.0
no shutdown



7.setelah ip ke up, kita dapat memulai konfiguration folp yang memerlukan setting folp dengan cara sebagai berikut :

exit
telephony-service
max-ephone 2
mak- dn 2
ip source-address 192.168.1.1 port 2000
auto assign 4 to 6
auto assign 1 to 5
ephone-dn 1
number 1001
tunggu sampai ke register dan lakukan yang sama pada phone 2
ephone-dn 2
number 1002
tunggu sampai ke register




8.Lalu hubungkan ip phone ke 1 dan ke 2
 





9.Cara untuk menghubungkan klik ip phone 1 lalu ke CLI klik number phone 2 yaitu 1002 lalu akan berbunyi nada dering ketika bisa dihubungi akan muncul tulisan connected.

 
10.Begitu pula dengan sebaliknya ketika bisa dihubungi akan muncul tulisan connected.


11.Ketika tidak bisa terhubung maka akan muncul tulisan unknow number




DAFTAR PUSTAKA

Sudirman, Bagus. 2023. Pengertian WEB Server. https://teknik-informatika-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Apa-Itu-Web-Server-dan-Fungsinya/e3819c038ad47d81966e583f99a15ea585abf0c2 diakses pada 23/8/2023 jam 08:50

Prawiro, M. 2023. Pengertian WEB Server. https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-web-server.html diakses pada 23/8/2023 jam 09:40

Anedya, Aorinka. 2022. Pengertian Mail Server. https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-mail-server/ diakses pada 28/8/2023 jam 08:30

Amanda,Ypvi. 2022. Pengertian Mail Server. https://www.niagahoster.co.id/blog/mail-server-adalah/ diakses pada 28/8/2023 jam 08:50

Adya. 2023. Pengertian DNS Serverhttps://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-dns-server-adalah/ diakses pada 28/8/2023 jam 09:20

Lesomar, Fredric. 2022. Pengertian DNS Server. https://blog.rumahweb.com/dns-server-adalah/ diakses pada 28/8/2023 jam 09:50

Swawikanti, Kenya. 2022. Pengertian DHCP Server. https://www.ruangguru.com/blog/dhcp-server-client#:~:text=DHCP%20Server%20adalah%20perangkat%20yang,jaringan%20dari%20DHCP%20Server%20tadi. diakses pada 28/8/2023 jam 10:05

Medina, Annisa. 2023. Pengertian DHCP Server. https://fikti.umsu.ac.id/dhcp-server-pengertian-fungsi-dan-cara-kerja/ diakses pada 28/8/2023 jam 10:25

Nusmasyah, Faisal. 2023. Pengertian VoIP Server. https://qontak.com/blog/voip-adalah/ diakses pada 28/8/2023 jam 10:55

Sulaiman. ___. Pengertian VoIP Server. https://idnetter.com/pengertian-voip-beserta-fungsi-contoh-dan-cara-kerja-dari-voip/ diakses pada 28/8/2023 jam 11:20

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP