IP Statis dan Dimanis

 27 November 2023

Pengertian IP Statis

Menurut Fadila A (2023) Static IP atau Alamat IP statis adalah kebalikan dari jenis IP dinamis, dengan rangkaian angka yang tetap dan tidak berganti-ganti. Jenis protokol ini akan tetap sama, kecuali ada perubahan pada administrasi jaringan.

Menurut Amira K Sementara itu, IP Address statis justru berkebalikan dengan jenis IP Address dinamis. IP address statis sudah “di-booking” oleh pihak yang menggunakannya. Pengguna yang melakukan reservasi pada satu ataupun lebih dari alamat IP termasuk penyedia layanan web hosting, virtual private network (VPN), dan server file transfer protocol (FTP). 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan ip statis adalah alamat ip dengan rangkaian angka yang tetap dan tidak berganti-ganti. penguna ip statis dapat melakukan reservasi pada satu ataupun lebih dari alamat ip contoh layanan hosting, virtual private network (vpn), server transfer protokol (ftp).

Pengertian IP Dinamis

Menurut Fadila A (2023) Dynamic IP atau Alamat IP dinamis adalah IP yang sifatnya berubah-ubah, yang diberikan oleh penyedia layanan internet kepada pelanggannya. Alamat ini biasanya digunakan karena alasan keamanan. Sifatnya yang berubah-ubah dimaksudkan untuk mempersulit para hacker mengakses antarmuka jaringan.

Menurut Amira K IP address dinamis merupakan jenis yang biasanya dimiliki oleh khalayak umum, termasuk kita ini. Alamat IP ini diberikan oleh penyedia layanan internet secara gratis, tetapi tidak bersifat abadi. Mengapa tidak abadi? Dari ulasan di atas sudah dijelaskan bahwa saat ini jumlah IP address yang bisa digunakan kian menipis. 

dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan dinamis ip adalah alamat ip yang bersifat berubah-ubah yang diberikann kepada pengguna. alamat ini biasa digunakan untuk keamanan. 

Alat dan bahan

1. Mikrotik Router RB941-2nD-TC

2. Kabel LAN

3. PC/Laptop

Cara konfigurasi IP Statis di mikrotik :

1. Pertama hubungkan Mikrotik dengan Winbox Kalau belum punya winbox download terlebih dahulu.



2. Klik pada winbox ip > address lalu kalian tambahkan ip terlebih dahulu sepeti pada contoh dibawah ini.





4. Lalu kalian setting DNS klik ip > dns lalu kalian setting seperti contoh dibawah ini.




5. Lalu kalian dapat mengecek ip dengn cara klik new terminal lalu kalian komen ping 192.168.10.1 sepeti itu maka hasilnya akan seperti contoh dibawah ini.




6. cara mengecek dengan cara cmd klik windows + R lalu kalian ketik ipconfig lalu kalian ping ip yang kalian buat






Cara konfigurasi ip dinamis di mikrotik :

1. Pertama hubungkan Mikrotik dengan Winbox Kalau belum punya winbox download terlebih dahulu.



2. Kalian setting DHCP Client terlebih dahulu untuk ether 1 supaya memiliki ip address seperti pada contoh dibawah ini.




3. Lalu kita dapat lanjutkan dengan menambah ip dengan cara klik ip > address lalu kalian tambah ip untuk mikrotik yang tehubung ke pc/komputer kalian.




4. Lalu dapat kalian lanjutkan dengan cara menambah dns terlebih dahulu caranya ip > dns > tambahkan ip > klik Allow Remote Request > klik Apply > OK 




5. Lalu kalian dapat mengecek ip dengan cara klik new terminal lalu kalian komen ping 8.8.8.8 sepeti itu lalu akan ada setatus konek atau tidak.





6. cara mengecek dengan cara klik windows + R lalu koman cmd lalu kalian enter lalu kalian koman ping ip yang kalian buat






DAFTAR PUSTAKA

A, Fadila. 2023. Pengertian IP Statis dan Dinamis. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-ip-address diakses pada 27/11/2023 jam 09:10

K, Amira. ___. Pengertian IP Statis dan Dinamis. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-ip-address/ diakses pada 27/11/2023 jam 09:30

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP