Network Address Translation

 16 oktober 2023

Pengertian Network address Translation (NAT)

Menurut A Bayu (2023) NAT (Network Address Translation) adalah adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.

Menurut Rezi Joko Syarizani (2023) Network Address Translation atau dikenal dengan NAT, adalah sebuah metode yang digunakan dalam jaringan komputer untuk mengonversi alamat IP (Internet Protocol) yang satu menjadi alamat IP lainnya. NAT berfungsi sebagai perantara antara jaringan lokal (LAN) dan internet, memungkinkan beberapa perangkat di jaringan lokal untuk berbagi satu alamat IP yang sama untuk mengakses internet.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan NAT adalah sebuah proses jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public. NAT berfungsi sebagai perantara antara jaringan lokal (LAN) dan internet, memungkinkan beberapa perangkat di jaringan lokal untuk berbagi satu alamat IP yang sama untuk mengakses internet.

Cara kerja dari NAT (Network Address Translation)

Menurut A Bayu (2023) NAT mempunyai fungsi yaitu sebagai translasi sebuah IP address, sehingga dengan adanya NAT ini IP address private dapat dengan mudah mengakses alamat IP public. 

Menurut Rezi Joko Syarizani (2023) NAT bekerja dengan cara yang relatif sederhana. Ketika sebuah perangkat di jaringan lokal ingin mengirim data ke internet, NAT akan menggantikan alamat IP lokal perangkat tersebut dengan alamat IP publik dari router atau gateway yang menghubungkan jaringan lokal ke internet. 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan cara kerja NAT adalah sebagai translation sebuah ip address shinga adanya NAT ini ip private dapat mengakses alamat ip public dari router atau gateway yang menghubungkan jaringan lokal ke internet.

Langkah-langkah setting NAT dinamic :

1.Buka aplikasi packet tracer terlebih dahulu.

2.Lalu buat topologi seperti gambar dibawah ini dan dilengkapi server.




3.Lalu kita kasih ip 8.8.8.8 untuk server seperti gambar dibawah ini.


4.Lalu kita dapat setting ip pc seperti contoh dibawah.
server= 8.8.8.8 dengan default gateway= 8.8.8.1
pc0= 192.168.10.2 dengan default gateway= 192.168.10.1
pc1= 192.168.10.3 dengan default gateway=  192.168.10.1





5.Lalu kita dapat konfigurasi router0 dan router1 seperti gambar dibawah ini.





6.Kalau sudah kita lanjut konfigurasi router1 seperti gambar dibawah ini.





7.Lalu kita dapat mengecek konfigurasi yang kita lakukan pada ping, tracert, pdu dan web.

ping, racert, pdu dan web.









DAFTAR PUSTAKA

A, Bayu. 2023. Pengertian NAT. https://www.menggunakan.id/network-address-translation/ diakses pada 16/10/2023 jam 15:40

Syariszani, Rezi, Joko. 2023. Pengertian NAThttps://ilmuelektro.id/nat-adalah/ diakses pada 16/10/2023 jam 16:40

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

EtherChannel/Bonding dan HSRP