Switching ( VLAN, Trunking, Access, InterVLAN dan STP )

29 Agustus 2023

Pengertian VLAN

Menurut Alvana Noor Fariza (2021) VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sub network yang dapat mengelompokkan kumpulan perangkat pada jaringan area lokal fisik (LAN) yang terpisah. Virtual Local Area Network juga bisa dikatakan pengelompokkan logis perangkat dalam domain siaran yang sama.  VLAN memudahkan administrator jaringan untuk mempartisi jaringan tunggal yang diaktifkan agar sesuai dengan persyaratan fungsional dan keamanan sistem mereka tanpa harus menjalankan kabel baru atau membuat perubahan besar dalam infrastruktur jaringan mereka saat ini. 

Menurut Yusuf Abdhul (2022) VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sub network yang dapat mengelompokkan kumpulan perangkat pada jaringan area lokal fisik (LAN) yang terpisah. Virtual Local Area Network juga bisa dikatakan pengelompokkan logis perangkat dalam domain siaran yang sama.  VLAN memudahkan administrator jaringan untuk mempartisi jaringan tunggal yang diaktifkan agar sesuai dengan persyaratan fungsional dan keamanan sistem mereka tanpa harus menjalankan kabel baru atau membuat perubahan besar dalam infrastruktur jaringan mereka saat ini. Virtual Local Area Network cenderung fleksibel karena didasarkan pada koneksi logis, bukan fisik. 

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpukan VLAN adalah sub network yang dapat mengelompokan kumpulan perangkat pada jaringan area network. Dan VLAN memudahkan untuk administrator untuk mempartisi jaringan tunggal yang diaktifkan agar sesuai dengan syarat.

Pengertian Trunk

Menurut Najmaa Shinta Trunk merupakan komunikasi yang dirancang untuk membawa banyak sinyal secara bersamaan, tujuannya adalah untuk menyediakan akses jaringan antara dua titik. Selain itu, trunk juga diartikan sebagai sebuah konsep di mana sistem komunikasi menyediakan akses jaringan untuk banyak klien. Dalam pengertian lain, trunk adalah sebuah mekanisme yang membentuk jaringan internet. Jaringan tersebut meliputi jaringan lokal di antaranya adalah jaringan area luas (WAN), jaringan area lokal (LAN), dan LAN virtual (VLAN).

Menurut Sutiono S,Kom Trunk merupakan mekanisme yang membentuk jaringan internet atau internetwork yang meliputi lokal di antara yakni jaringan area luas (LAN), jaringan area local (LAN), dan LAN virtual (VLAN). Trunk dapat didefinisikan sebagai sebagai sebuah konsep pembagian akses jaringan yang memanfaatkan berbagai perangkat jaringan salah satunya switch yang memiliki peraturan sesuai dengan kesepakatan dan penetapan oleh admin jaringan. Penetapan peraturan tersebut dibuat sebagai tolak ukur pada lalu lintas data pada suatu jaringan. Alasan menggunakan switch karena memiliki kemampuan yang dapat membaca dan menetapkan alamat IP mana pun yang telah diberikan akses pada suatu jaringan.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan Trunking adalah mekanisme jaringan intrenetatau internetwork yang meliputi lokal are network (LAN). Dan Trunking dapat didefinisikan sebagai konsep pembagian akses jaringan yang memanfaatkan perangkat jaringan yaitu switch yang memiliki peraturan yang sesuai dengan kesepakatan.

Access 

Menurut Girvan (2017) Acces Port (port akses) adalah port yang hanya bisa dilewati oleh 1 vlan saja. itulah mengapa mode access biasanya diset ke end device. mode access bisa saja di set antara 2 switch jika memang benar2 hnya dilewati oleh 1 vlan saja. Pada access port, semua frame nya adalah untagged. Artinya tidak akan ada penambahan VLAN tag pada ethernet frame jika masuk dan keluar melalui port ini. hal ini dikenal dengan untagged frame/ untagged vlan.

Menurut Haris Andrea Jika akses port switch beroperasi dalam mode "akses", port tersebut hanya dapat ditetapkan ke satu VLAN, sehingga menambah keamanan tambaha. Beberapa port dapat ditetapkan ke VLAN, dan port di VLAN yang sama berbagi domain siaran yang sama . Port di VLAN yang berbeda tidak berbagi domain siaran. Containing broadcasts within a VLAN enhances the overall performance of the network as all devices don’t need to process every broadcast.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan access port adalah port yang hanya bisa dilewati oleh 1 vlan saja. pada access port, semua frame nya adalah untagged. Dan access port tersebut hanya dapat ditetapkan ke satu vlan sehingga menambah keamanan tambahan.

Langkah-Langkah setting VLAN, Trunking dan Access:

1.Buat topologi jaringan terlebih dahulu lalu bikin clup1 dan clup2.



2. Lalu konfigurasi ip pc terlebih dahulu dengan ip:
clup1
pc-0=192.168.1.1
pc2=192.168.1.3
clup2
pc1=192.168.1.2
pc3=192.168.1.4

3.Setelah itu kita konfigurasi switch 0 dan switch 1 seperti gambar dibawah ini.




4.Kalau sudah kita konfigurasi baiknya kita cek dengan cara show vlan agar kita tau sudah aktif apa belum



5.Setelah itu kita cek sudah tersambung apa belum dengan cara cek pdu atau ping seperti contoh dibawah ini :


Cara setting access 

1.Buka aplikasi Cisco Packet Tracer

2.Masukan switch0 dan switch1 hubungkan keduanya menggunakan kabel copper dan pc yang dihubungkan pada switch menggunakan kabel straight.



3.buka dan isi ip pada semua pc seperti dibawah.

pc0:192.168.5.1

pc1:192.168.10.1

pc2:192.168.5.2

pc3:192.168.10.2



4.Lalu kita mulai konfigurasi switch0 dan switch1 seperti gambar dibawah ini :



5.Lalu kita cek apakah sudah aktif atau belum seperti dibawah ini :



6.Kalau sudah hasilnya dapat kita cek menggunakan pdu.

PDU


Pengertian InterVLAN

Menurut Lucky Reza Switch dalam penggunaan pada umumnya hanya untuk keperluan menyatukan perangkat atau host yang memiliki ip address dengan network yang sama. Namun untuk Switch Cisco sendiri memiliki beberapa fitur tambahan yang bisa digunakan untuk membuat jaringan lebih dari satu dalam satu Switch, sehingga untuk memecah jaringan besar menjadi beberapa jaringan tidak memerlukan banyak Switch.

Menurut Faiz A (2017) InterVlan adalah cara routing yang digunakan untuk menghubungkan Vlan yang berbeda. Inter-Vlan routing membutuhkan beberapa interface fisik pada kedua router dan switch, yang lebih umum, pelaksanaan masa kini InterVlan routing tidak. Sebaliknya, beberapa izin software router mengkonfigurasi interface router sebagai link trunk, yang berarti hanya satu interface fisik yang diperlukan pada router dan switch untuk rute paket antara beberapa VLAN.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan InterVlan adalah cara routing yang digunakan untuk menghbungkan Vlan yang berbeda. Dan ada beberapa izin untuk software router untuk mengkonfigurasi interface router sebagai link Trunk.

Langkah-Langkah setting InterVLAN:

1.Buka aplikasi packet tracer.

2.Buat topologi jaringan seperti gambar dibawah ini lalu hubungkan switch mengunakan copper cross-over dan pada pc hubungkan ke switch mengunakan kabel straight






3. Lalu kita setting switch terlebih dahulu cara setting ada dibawah ini :

enable
configure terminal
vlan 10
name terserah kalian
exit
vlan 20
name terserah kalian
exit


Setelah exit dapat dilanjutkan seperti dibawah ini :

interface fa0/1
swi nod tr
setelah itu akan di konfigurasi dan lanjutkan
exit
interface fa0/2
swi mod acc
swi acc vlan 10
exit
interface fa0/3
swi mod acc
swi acc vlan 20
exit
interface fa0/4
swi mod tr
exit
setting pada kedua switch.

4. Setelah setting switch kita lanjut setting router dengan cara sebagai berikut.

enable 
configure terminal
interface fa0/0
no shutdown
tunggu sampai ke konfigurasi lalu kita lanjut
interface fa0/0.10
tunggu sampai ke konfigurasi lalu kita lanjut
encapsulation dot1Q 10
ip add 192.168.10.1 255.255.255.0
exit

Setelah exit dapat kita lanjutkan
interface fa0/0.20
tunggu sampai ke konfigurasi lalu kita lanjut
encapsulation dot1Q 20
ip add 192.168.20.1 255.255.255.0
exit


5.Setelah sudah ke konfig semua kita dapat mengisi ip address seperti dibawah ini :
pc0 :192.168.10.11
pc1 :192.168.10.12
pc2 :192.168.20.11
pc3 :192.168.20.12



6.Setelah ke konfig semua kita dapat mengecek dengan menggunakan pdu.


Pengertian STP

Menurut Tristin Hartono (2022) Segmenting, targeting, dan positioning atau STP adalah salah satu strategi pemasaran untuk menentukan di area manakah sebuah bisnis akan dioperasikan. Sesuai namanya, strategi ini didasarkan oleh tiga langkah, yaitu mengidentifikasi segmen, menganalisis target pasar, serta menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis.

Menurut Hendrik STP Marketing merupakan singkatan dari Segmentasi, Targeting, and Positioning. Model ini adalah proses sistem pemasaran untuk menjalankan usaha atau bisnis. Dan sudah menjadi bagian dalam strategi marketing dan pemasaran, STP Marketing terbukti efektif untuk membuat rencana marketing suatu perusahaan.


Langkah-Langkah: 

1. Buka aplikasi packet tracer terlebih dahulu.

2. Lalu kita buat topologi seperti gambar dibawah ini lalu pasang kabel cropper 







3.Setelah memasang kabel setelah itu kita konfigurasi interface numbernya di switch0.





4.Dan hasilnya akan otomatis yang berwarna oren akan berpindah ke atas.


5.Setelah setting switch0 selesai dan berasil kemudian kita bisa memindahkan warna orange ke switch0 dengan cara konfigurasi CLI switch1.



6.Maka hasilnya akan seperti ini.


DAFTAR PUSTAKA

Noor, Alvana. 2021. Pengertian VLAN. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-vlan/ diakses pada 29/8/2023 jam 14:20

Abdhul, Yusuf. 2022. Pengertian VLAN. https://deepublishstore.com/blog/apa-itu-vlan/ diakses pada 29/8/2023 jam 14:30

Shiba, Najmaa. ___. Pengertian Trunking. https://ids.ac.id/mengenal-trunk-pengertian-jenis-dan-fungsinya/ diakses pada 29/8/2023 jam 14:50

Sutiono. ___. Pengertian Trunking. https://dosenit.com/ilmu-komputer/trunk diakses pada 29/8/2023 jam 15:10

Girvan. 2017. Pengertian Access Port. https://g-networker.blogspot.com/2017/10/pengertian-port-acces-dan-port-trunk.html diakses pada 5/9/2023 jam 18:30

Andrea, Haris. ___. Pengertian Access Port. https://www.networkstraining.com/switchport-mode-access-vs-trunk/ diakses pada 5/9/2023 jam 18:50

Reza, Lucky. ___. Pengertian InterVLAN. https://newcyberlawyer.blogspot.com/2016/08/konfigurasi-intervlan-routing-pada.html diakses pada 29/8/2023 jam 16:15

Faiz. 2017. Pengertian InterVLAN. https://afaizin913.blogspot.com/2017/01/konfigurasi-intervlan-menggunakan.html diakses pada 29/8/2023 jam 16:30

Hartono, Tristin. 2022. Pengertian STP. https://www.dewaweb.com/blog/stp-marketing-adalah/ diakses pada 29/8/2023 jam 16:50

Hendrik. ___. Pengertian STP. https://www.gramedia.com/literasi/stp-marketing/ diakses pada 29/8/2023 jam 18:20


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP