Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) Model

 29 Juli 2023

Pengertian internet protocol

Menurut Jordy Prayoga (2023) TCP (transmission control protocol) adalah sebuah komponen inti dalam jaringan yang berperan dalam pertukaran informasi.TCP dirancang untuk mengirimkan data/informasi dan memastikannya terkirim lewat jaringan. Bisa dibilang, Transmission Control Protocol ini adalah inti dari sebuah internet protocol (IP).

Contoh gambar : TCP (Transmission Control Protocol)
https://gudangssl.id/blog/wp-content/uploads/2021/11/tcp-adalah.webp

Menurut Andy Nugroho (2021) Pengertian TCP/IP adalah suatu standar komunikasi yang dapat digunakan untuk bertukar data antar komputer oleh suatu komunitas yang tergabung melalui jaringan internet.
Contoh gambar : TCP (Transmission Control Protocol)
https://qwords.com/blog/wp-content/uploads/2020/05/Pengertian-dan-Kelebihan-Jaringan-TCPorIP-yang-Perlu-Diketahui.jpg

Dari kesua pendapat tersebut dapat di simpulkan bahwa TCP adalah komponen inti dalam jaringan yang dirancang untuk mengirim data/informasi.

Cara kerja TCP/IP


Contoh gambar : Layer TCP/IP
https://www.guru99.com/images/1/093019_0615_TCPIPModelW1.png

1. Application layer

Menurut Nurul Huda (2022) application layer atau lapisan aplikasi merupakan lapisan dasar dalam protokol TCP/IP. Pada layer ini, protokol memiliki kontak dengan pengguna komputer secara langsung. Aplikasi yang digunakan pengguna akan mempengaruhi jenis protokol lanjutannya. Misalnya, ketika kamu membuka dan menjalankan web browser, maka perangkat akan menjalankan protokol HTTP secara otomatis.

Menurut Arianto (2022) pada layer ini akan dipilihkan protocol yang sesuai untuk mengirim dan menerima data, misalnya untuk browsing dan download aplikasi web browser akan memilih protocol HTTP .
Untuk mengupload file ke server,aplikasi FTP akan memilih protocol FTP untuk mengirim file.
aplikasi akan memilih jenis protocol untuk mengirim dan menerima data.
Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa application layer dalah protokol yang memiliki kontak dengan penguna komputer secara langsung.

2. Transport layer

Menutu Nurul Huda (2022) transport layer atau lapisan transportasi berfungsi untuk memastikan setiap komunikasi dalam jaringan berjalan lancar. Transport layer berada satu tingkat di atas lapisan aplikasi dengan dua protokol utama, yakni TCP dan UDP. Protokol TCP berperan mengamankan pengiriman data, sementara protokol UDP memungkinkan data dapat dikirim secara cepat.

Menurut Arianto (2022) divisi ini bertugas untuk menerima data dari layer diatasnya yaitu application layer, dan menentukan jenis protocol yang akan digunakan untuk pengiriman data, 2 protocol yang umum digunakan adalah UDP (User Datagram Protocol) dan TCP(Transmission Control Protocol).

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa transport layer adalah untuk memastikan sinyal agar terjaga dalam berkomunikasi. Dan menentukan jenis protokol apa selanjutnya yang akan digunakan.

4. Network layer

Menurut Nurul Huda (2022) network layer atau lapisan jaringan merupakan proses dimana setiap perangkat komputer diberikan identitas berupa IP address. Pemberian IP address berperan sebagai alamat yang berguna untuk mengkoneksikan sejumlah perangkat dalam jaringan. Selain itu, IP address juga dapat mencegah terjadinya kesalahan alamat ketika dilakukan pengiriman paket.

Menurut Arianto (2022) di layer ini data yang besar yang berasal dari layer diatasnya akan dipecah dan disesuaikan ukurannya sesuai media yang akan dilaluinya.
data yang besar yang telah dipecah menjadi paket data lebih kecil/frame akan dibungkus (enkapsulasi) dan diberi label asal dan tujuan dari paket, layer/divisi ini bertanggaung jawab atas routing(menentukan tujuan dan jalur) paket yang akan dikirim.
Dari kedua pendapat tersebu dapat disimpulkan bahwa network layer adalah proses dimana memberikan identitas berupa ip address. Dan di beri label asal atau tujuan paket. 

5. Network interface layer

Menurut Nurul Huda (2022) network interface layer atau lapisan antarmuka jaringan merupakan bagian yang melakukan interaksi dengan perangkat secara langsung. Hardware atau dalam hal ini adalah komputer memiliki peran penting untuk mendukung proses transmisi data berbentuk sinyal. Nah, sinyal tersebut selanjutnya dikirimkan melalui media kabel tembaga (fiber optic), atau nirkabel (wireless).

Menurut Arianto (2022) hardaware digunakan untuk mentransmisikan data dalam mentuk signal, dilayer ini hardware dan driver bekerja untuk mengubah logical data menjadi signal yang ditransmisikan melalui media kabel tembaga/fibre optic atau mengubahnya menjadi signal radio secara wireless.

Dari kedua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa network interface layer adalah hal penting dalam tcp karena untuk mendukung peroses penting dalam tranmisi data berbentuk sinyal. Dan di transmisi melalui kabel tembaga/fibre optic atau mengubah menjadi signal.


DAFTAR PUSTAKA
Prayoga, Jordy. 2023. PENGERTIAN INTERNET PROTOKOLhttps://gudangssl.id/blog/tcp-adalah/ diakses pada 29/7/2023 jam 13:30
Nugroho, Andi. 2021. PENGERTIAN INTERNET PROTOKOL. https://qwords.com/blog/pengertian-jaringan-tcp-ip/ diakses pada 29/7/2023 jam 13:45
Huda, Nurul. 2022. CARA KERJA TCP/IP. https://www.dewaweb.com/blog/pengertian-tcp-ip/ diakses pada 29/7/2023 jam 13.55
Arianto. 2022. CARA KERJA TCP/IP. https://www.tembolok.id/pengertian-tcp-ip/ diakses pada 14:15

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tunneling/Virtual Private Network (PPTP, L2TP)

Network Address Translation

EtherChannel/Bonding dan HSRP